Friday, March 17, 2006

Beasiswa Timur Tengah

Untuk mengembangkan sumber daya manusia dan pendidikan dilingkungan NU, maka untuk itu PBNU membuka peluang beasiswa bagi warganya, dari tingkat S.1.,sampai S.2. untuk putra dan putri dari berbagai fakultas yang disediakan Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Pendaftaran dibuka untuk umum, utamanya dari masyarakat Pesantren terhitung semenjak keputusan ini dibuat dan terakhir menurut ketentuan dari pihak pemberi akses beasiswa Timur-Tengah yang hingga kini belum dapat diketahui. Untuk Sudan pendaftaran dibuka mulai bulan Juni sampai 10 Juli 2004, (pada sabtu, 17 Juli, PBNU telah mengirim delegasi NU sebanyak tujuh calon Mahasiswa Sudan) untuk mengikuti ujian seleksi di Fakultas Dirasah Islamiyyah UIN Jakarta.

Dalam pekan-pekan depan ini, InsyaAllah sudah dapat ditentukan hasil ujiannya. Dalam hal ini, Biro Urusan Kerjasama Beasiswa PBNU untuk Timur-Tengah, sedianya akan memberikan pelatihan materi ke-NU-an, disamping Kursus Bahasa Arab (Daurah Lughawiyyah) dan informasi tentang negara-negara tujuan—dalam hal ini Sudan—yang akan dipandu langsung oleh Mr. Kamal Ali Utsman Taha, Pelaksana Harian kedutaan Sudan, Prof. DR. Said Aqil Siradj, MA. dan dibantu beberapa team PBNU serta perwakilan dari Departemen Agama RI.

Pembekalan materi ini secara khusus ditujukan kepada calon Mahasiswa Sudan yang sudah lulus seleksi ujian. Pembekalan juga akan diberikan kepada calon Mahasiswa dimasing-masing negara tujuan. Adapun Libya, memberikan beasiswa program S1, dan S2 yang dibuka sampai pertengahan bulan Agustus. Bagi calon Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini, diharapkan yang memiliki standar nilai minimal rata-rata tujuh disetiap mata pelajarannya.

Untuk Maroko, memberi kesempatan beasiswa untuk program S2. sampai tanggal 30 Juli 2004 ini. Untuk itu, peserta diminta untuk melengkapi dan mengisis syarat-syarat aplikasi pendaftaran sebelum tanggal 30 Juli.

Untuk Syiria, sejauh ini, belum ada aplikasi yang diberikan pihak Universitas Abu-Nur, Syiria kepada PBNU. Namun kesepakatan yang telah dibangun PBNU-Syiria, tidak hanya sebatas bentuk kerjasama beasiswa an sich, namun melebar pada bentuk kerjasama-kerjasama yang lain, seperti penelitian, paket kunjungan kerja antar Mahasiswa, dan antar Ulama, penyelenggaraan seminar, lokakarya, dll.

Pendaftaran dibuka di Sekretariat Panitia Beasiswa Untuk Timur-Tengah PBNU pada jam kerja di Lt. 4 tlp. 021-3908424 Ext. 4423 (kontak person: Mohammad Dawam Sukardi/ Hp.08561023524 atau ke redaksi@nu.or.id

Program Pilihan Studi di Sudan:

Fakultas Syari’ah (Hukum Islam)
Fakultas Tarbiyyah (Pendidikan)
Fakultas Komputer
Fakultas Aplikasi Science (Kulliyyatul Ulum al-Bahtsah wa at-Tathbiqiyyah)
Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan
Fakultas Ekonomi & Ilmu Administrasi

Program Pilihan Study di Libya

Fakultas Dakwah

Syarat-Syarat Untuk Mengikuti Beasiswa PBNU

Syarat-Syarat Pendaftaran

• Mengisi Formulir Pendaftaran dan berkas-berkas yang disediakan oleh Panitia.
• Melengkapi Dokumen Administratif yang meliputi Foto Copi KTP, Legalisir STTB/Ijazah terakhir minimal tingkat SMU, SMK, Aliyah/Sederajat untuk Program S1, dan untuk Program S2 dilengkapi Transkrip Nilai, Ijazah dan Copy Karya Tulis (Skripsi), Pas Foto Warna berukuran 2 X 3; 3 X 4; 4 X 6 sebanyak empat lembar-empat lembar, SKKB, Pasport, Surat Kesehatan dari dokter (Medical Check Up), Akte Kelahiran, Rekomendasi dari Pengurus NU—lebih diutamakan dilengkapi dengan rekomendasi dari Pondok Pesantren—baik ditingkat Cabang, Wilayah, maupun Pusat.

• Memiliki dasar kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.
• Memiliki dasar kemampuan berkomunikasi Bahasa Arab secara umum.
• Nilai rata-rata minimal 7 dimasing-masing bidang studi.
• Ijazah terakhir tidak kurang dari empat tahun (untuk Sudan).
• Usia tidak lebih dari 25 th. (apabila melebihi batas usia dimaksud, namun memiliki kemampuan diatas rata-rata, maka akan mendapat pertimbangan tersendiri)

NB: Beasiswa untuk Sudan, Syiria, Libya, Maroko diperuntukkan bagi Putra-Putri NU. Adapun informasi beasiwa untuk negara-negara Arab lainnya Insya Allah akan menyusul kemudian. Guna memudahkan proses penerjemahan Ijazah, Transkrip, Rekomendasi, SKKB, Akte kelahiran dan Surat Kesehatan (Medical Check Up), serta dalam prosedur pembuatan Pasport atau dokumen lain (bila ada aturan tak terduga), maka semua calon Mahasiswa Timur Tengah yang bersangkutan dimohon untuk memprosesnya sendiri. Kecuali apabila semua prosedur teknis diatas sepenuhnya dialihtugaskan kepada Panitia dengan mengganti biaya operasionalnya. Untuk Sudan, terjemah resmi berbahasa Arab, sedangkan untuk Libya disamping resmi Arab juga diterjemahkan ke Inggris seluruh Dokumen yang disyaratkan, termasuk Pasport.

Ujian Saringan masuk

Mengikuti Ujian Tulis maupun Lesan yang akan diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana Pendaftaran Beasiswa Untuk Timur-Tengah pada 17 Juli untuk Sudan, dan untuk Jakarta dipusatkan di UIN Jalarta. Sedangkan untuk Libya, Maroko, Syiria, belum ditentukan tehnis ujiannya. Adapun bagi peserta yang sudah lolos ujian, akan diberi beberapa informasi penting tentang negara tujuan pemberangkatan, yang insyaAllah akan dipandu langsung oleh pihak kedutaan dimasing-masing negara tujuan yang direncanakan diadakan di Graha PBNU.

Lain-lain

Informasi selengkapnya bisa diakses melalui NU-Online, atau Harian Umum Duta Masyarakat sekitar pekan kedua, dan ketiga bulan Juni untuk informasi Sudan, dan untuk Libya dan Maroko pada pertengahan akhir bulan Juli 2004. Sedangkan untuk Syiria, insyaAllah akan menyusul kemudian.

Jakarta, 19 Juli 2004

Biro Urusan Kerjasama Beasiswa PBNU Untuk Timur-Tengah

Koordinator Pelaksana,

Mohammad Dawam Sukardi

Mengetahui;
Direktur Utama Biro Urusan Kerjasama Beasiswa PBNU Untuk Timur-Tengah

Prof. Dr. KH. Said Aqiel Siradj MA.
Rais Syuriah PBNU

0 Comments:

Post a Comment

<< Home