Thursday, March 16, 2006

Beasiswa Toyota Astra

25 Tahun lebih kami wujudkan tekad mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program bantuan pendidikan, dan akan terus kami jalankan demi kemajuan Bangsa.

Keberadaan PT Toyota-Astra Motor dan Astra International di Indonesia saat ini, tentu tidak terlepas dari peran serta masyarakat, sehingga kami merasa wajib pula memberikan sumbangsih bagi kehidupan rakyat Indonesia. Oleh karena itu pada tahun 1974 kami mendirikan Yayasan Toyota & Astra, suatu organisasi nir-laba yang bermaksud berperan aktif membantu upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bila dalam membantu upaya-upaya pemerintah tersebut yayasan membantu dalam bidang pendidikan, hal itu disebabkan kesadaran akan adanya suatu masa alih tanggung jawab, dimana generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa bertanggung jawab akan kelangsungan hidup dan kesejahteraan bangsa ini. Dengan demikian pendidikan generasi muda menjadi sangat penting, agar tersedia sumber daya manusia yang berkualitas untuk meneruskan pembangunan nasional.

Oleh karena itu sejak Yayasan Toyota & Astra didirikan, kami berpartisipasi dengan memberikan berbagai program bantuan yang dapat memberikan kesempatan pada putra-putri Indonesia dari Sabang sampai Marauke untuk melaksanakan pendidikan atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kami sadar, bantuan kami tidak mungkin mampu membuat seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati pendidikan. Namun setiap tahun kami terus berupaya meningkatkan jumlah dana bantuan. Dan waktu terus berjalan, serta waktu juga telah membuktikan kesungguhan komitmen Yayasan Toyota & Astra dalam menjalankan filosofi 'Ikut Serta Memupuk dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa' dengan cara membantu memajukan bidang pendidikan tanpa ikatan dan pamrih.

Pedoman Pengajuan Permohonan 2002
--------------------------------------------------------------------------------

BEASISWA REGULER S1 YTA


Penyelenggaraan Beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian nyata Yayasan Toyota & Astra terhadap dunia pendidikan nasional. Tahun ini ditetapkan 1000 orang mahasiswa S1 dari 67 Perguruan Tinggi terpilih di seluruh Indonesia yang akan menerima Beasiswa Reguler S1 YTA Tahun 2001/2002 sebesar Rp. 120.000,-/bulan.


Tujuan

Membantu mahasiswa berprestasi dari keluarga berpenghasilan rendah untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.


Persyaratan

Mahasiswa/i berkebangsaan Indonesia.

Khusus menekuni bidang studi Teknik (Jurusan Mesin, Elektro, Arsitek, Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan & Teknologi Informatika), MIPA, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan

Tahun ajaran 2001/2002 berada di semester V atau VII.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,80

Dari keluarga berpenghasilan rendah, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kampus dan/atau Kelurahan

Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima Beasiswa/Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi lain.

Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.


Keputusan Pemberian Beasiswa

Keputusan nama-nama penerima beasiswa akan diumumkan Yayasan Toyota & Astra melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan.


Kewajiban Penerima

Beasiswa Setiap penerima beasiswa berkewajiban melaporkan Indeks Prestasi setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota & Astra.


Keterlambatan pengiriman laporan IPK dan laporan tanda terima beasiswa dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan, menyebabkan ditundanya pengiriman dana beasiswa periode berikutnya.


BEASISWA POLITEKNIK YTA (TAHUN 2002)


Tahun ini ditetapkan 200 orang mahasiswa dari 16 Politeknik terpilih di seluruh Indonesia yang akan menerima Beasiswa Politeknik YTA Tahun 2001/2002 sebesar Rp. 120.000,-/ bulan.


Tujuan

Membantu mahasiswa berprestasi dari keluarga berpenghasilan rendah untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.


Persyaratan

Mahasiswa/i berkebangsaan Indonesia.

Khusus menekuni Jurusan Mesin, Elektro, Arsitek, Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan & Teknologi Informatika

Tahun ajaran 2001/2002 berada di semester III atau V.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60 (skala 4) atau 6,50 (skala 10).

Dari keluarga berpenghasilan rendah, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kampus dan/atau Kelurahan

Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima Beasiswa/Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi lain.

Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.


Keputusan Pemberian Beasiswa

Keputusan nama-nama penerima beasiswa akan diumumkan Yayasan Toyota & Astra melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan.


Kewajiban Penerima

Beasiswa Setiap penerima beasiswa berkewajiban melaporkan Indeks Prestasi setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota & Astra.


DANA BANTUAN BAGI PROGRAM PASCASARJANA (TAHUN 2002)


Penyelenggaraan Dana Bantuan bagi mahasiswa Program Pascasarjana merupakan bantuan tidak mengikat bagi staf pengajar Universitas Negeri dari seluruh Indonesia atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang akan atau sedang menyelesaikan pendidikannya pada Program Pascasarjana Universitas Negeri di Indonesia.


Tujuan

Membantu para dosen Universitas Negeri yang melanjutkan studi di Program Pascasarjana (S2 dan S3) untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Dengan harapan setelah menyelesaikan studinya dapat menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada anak didiknya.


Beasiswa Pascasarjana

Beasiswa diberikan kepada 20 orang selama satu tahun, yang akan dievaluasi setiap semester.


Bantuan Penelitian Thesis Pascasarjana

Bantuan ini khusus bagi mahasiswa yang akan atau sedang melakukan penelitian thesis


Persyaratan

Staf pengajar Universitas Negeri atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang sedang melanjutkan studi di pascasarjana (S2 atau S3) di Universitas Negeri di Indonesia.

Indeks Prestasi minimum 3,50 bagi Program S2 maupun S3.

Bidang studi penelitian dititikberatkan pada Bidang Teknik (diutamakan bidang teknologi Otomotif) dan pelestarian lingkungan hidup.

Mengisi formulir asli dari Yayasan Toyota & Astra.

Melampirkan rekomendasi dari Rektor Universitas asal.

Melampirkan rekomendasi dari Direktur/Dekan Pascasarjana dan Promotor.

Melampirkan fotokopi Proposal Penelitian yang berisi antara lain jadual kegiatan, perincian dana, dan daftar pustaka.


Kewajiban Penerima

Setelah penelitian selesai, setiap penerima bantuan berkewajiban melaporkan kepada Yayasan Toota & Astra 1 (satu) copy laporan sebagai dokumentasi Yayasan Toyota & Astra.


DANA BANTUAN KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA (TAHUN 2002)


Penyelenggaraan Program Dana Bantuan Kegiatan Ilmiah bagi Mahasiswa merupakan program bantuan yang diberikan oleh Yayasan Toyota & Astra kepada Himpunan Mahasiswa yang sedang mengali dan mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk Seminar, Simposium, Kongres, dan pameran yang berkaitan dengan bidang Ilmu yang ditekuni.


Tujuan

Membantu Himpunan Mahasiswa yang akan atau sedang melakukan Seminar atau Kegiatan Ilmiah. Dengan harapan setelah menyelesaikan kegiatannya dapat menciptakan ide/gagasan baru dan memperkaya khasanah ilmu yang diperoleh untuk bidang studi yang ditekuninya.


Persyaratan

Dana bantuan ini hanya ditujukan kepada Himpunan Mahasiswa dengan persyaratan sebagai berikut :

Seminar atau Kegiatan Ilmiah

Dikelola oleh Himpunan Mahasiswa.

Kegiatan tersebut mendapat persetujuan Dekan dan Purek/Pudir

Tidak bertujuan komersial.


Kewajiban Penerima

Setelah selesai kegiatan, Penerima Dana Bantuan berkewajiban melaporkan kepada Yayasan Toyota & Astra dengan menyertakan 1 (satu) copy laporan sebagai dokumen Yayasan Toyota & Astra


DANA BANTUAN PENELITIAN TEKNOLOGI (TAHUN 2002)


Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang begitu pesat, Yayasan Toyota & Astra memberikan bantuan dana proyek penelitian bidang teknologi, khususnya teknologi otomotif, mekanik, kelistrikan, komputer & rekayasa, dan kedirgantaraan, yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Kampus, atau Unit Proyek Penelitian Mahasiswa.


Tujuan

Membantu Himpunan Mahasiswa yang akan atau sedang melakukan Seminar atau Kegiatan Ilmiah. Dengan harapan setelah menyelesaikan kegiatannya dapat menciptakan ide/gagasan baru dan memperkaya khasanah ilmu yang diperoleh untuk bidang studi yang ditekuninya.


Membantu proyek penelitian yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi melalui unit proyek penelitian mahasiswanya untuk mengembangkan suatu prototipe atau rancang bangun bidang otomotif, mekanik, kelistrikan, komputer & rekayasa, serta kedirgantaraan.


Persyaratan

Proyek penelitian ilmiah non komersial yang bersifat penelitian atau pengembangan teknologi.

Dikelola oleh perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Kampus.

Rekomendasi dari Rektor/Direktur dan Pembantu Rektor/Direktur.


Kewajiban Penerima

Setelah selesai kegiatan, Penerima Dana Bantuan berkewajiban melaporkan kepada Yayasan Toyota & Astra dengan menyertakan 1 (satu) copy laporan sebagai dokumen Yayasan Toyota & Astra.


Penelitian tidak hanya mengembangkan ilmu pengetahuan itu sendiri, namun bermanfaat untuk kemajuan manusia pada umunya. Masalahnya, sebuah penelitian pada umumnya memerlukan biaya cukup besar yang kadangkala menghambat suatu proyek penelitian. Karena itu Yayasan Toyota & Astra memberikan perhatian nyatadalam hubungan ini dengan program bantuan biaya penelitian teknologi untuk unit kegiatan mahasiswa.


Melalui program iniyayasan memberikan dukungan bagi para mahasiswa yang melakukan aplikasi pengetahuan teori mereka ke dalam praktek, sehingga mereka terdorong lebih kreatif dalam menjalani kegiatan belajar

YAYASAN TOYOTA & ASTRA
Jl. Yos Sudarso, Sunter II Jakarta 14330
Telp. (021) 651-5904
Fax. (021) 651-5328

sumber : www.toyota.astra.co.id

1 Comments:

At 8:11 PM, Blogger Akhmad Sofyan said...

terima kasih toyota astra atas scholarshipnya :) received in 2001-2003

 

Post a Comment

<< Home