Thursday, March 16, 2006

Beasiswa Yayasan Al-Sofwah

Kategori: Beasiswa dalam negeri dari yayasan Al-Sofwa Jakarta
Beasiswa S-1 s/d S-3

PROGRAM BEASISWA S-1 S/D S-3

Dasar Pemikiran

Dunia Mahasiswa adalah dunia penuh dinamika idealisme dan Mahasiswa dikenal sebagai “masyarakat elit” yang memiliki kesadaran tinggi dan idealisme luhur dalam menyikapi fenomena-fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dengan sifat dan karakteristiknya yang kritis dan memiliki analisis yang akurat terhadap persoalan di sekitarnya, telah menjadikan mahasiswa disegani sekaligus dipuji oleh masyarakat sebagai komunitas orang terdidik yang memiliki kecerahan dalam berpikir dan bertindak.

Mahasiswa juga memiliki pengalaman belajar yang lebih lama, mereka berdiskusi, berpikir, berargumentasi terhadap ide dan solusi, meneliti, menganalisis objek dan pergaulan sosial yang lebih lama dan muli etnis serta budaya yang beraneka ragam, sehingga mahasiswa kaya dan acceptable terhadap fenomena dan perubahan apa pun yang bersentuhan dengan dirinya.

Keunikan yang lain dari Mahasiswa yang unggul adalah mempunyai alternatif-alternatif jawaban terhadap masalah yang dihadapinya dan memiliki kemampuan untuk memutuskan secara tepat alternatif-alternatif jawaban yang ditemukan tersebut. Di samping itu pula, Mahasiswa dipercaya mampu memberikan kontribusi/ solusi terhadap persoalan di sekitarnya dan memiliki kemurnian tujuan.

Akan tetapi Pendidikan Tinggi yang ada di Indonesia masih memisahkan antara ilmu dan agama, sehingga pola pikir mahasiswa terpecah kepada sekulerisasi ilmu. Pola pikir yang seperti ini harus diluruskan dan diarahkan kepada pemahaman yang salim (selamat). Mahasiswa alumni sebuah Perguruan tinggi harus memahami bahwa ilmu itu datangnya dari Allah Subhanahu wata’ala. Tetapi di dalam perjalanan selanjutnya, tangan-tangan jahillah yang telah mencampuradukkan ilmu dengan unsur-unsur yang bertentangan dengan Islam. Keadaan mahasiswa yang unggul dalam idealisme dan penuh dinamika memerlukan dukungan dari semua pihak agar mereka tetap lurus dan selamat. Untuk mewujudkan hal itu memerlukan adanya program beasiswa yakni Program beasiswa Strata-1 dan Strata-2.

Dari gambaran sepintas di atas, dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa (Mahasiwa yang Unggul) adalah pemeran utama sebagai agen perubahan dan peradaban. Tatanan kehidupan dan peradaban dunia di masa mendatang berada di tangan mereka. Oleh karena itu program upaya untuk menyiapkan mereka menjadi Generasi yang siap berjuang dan bekerja serta mencurahkan segenap pikiran dan pengabdiannya demi kemaslahatan dan kemuliaan Islam adalah sesuatu yang harus kita bela dan perjuangkan. Melalui Divisi Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Yayasan Al-Sofwa Jakarta membuka layanan beasiswa Sarjana Strata 1 sampai dengan Sarjana Strata-3.

Nama Program

Yayasan Al-Sofwa Jakarta, melalui Departemen Pendidikan yang ada di dalamnya, bermaksud membuka kesempatan kepada kaum muslimin, perusahaan atau instansi, untuk membantu saudara-saudara mereka seiman melalui Program Beasiswa Sarjana Strata-1 s/d Strata-3

Tujuan Program

Meningkatkan kualitas kebutuhan hidup, mengembangkan kreativitas dan militansi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat luas untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kemaslahatan agama dan umat Islam.

Sasaran Program

Kelompok Mahasiswa S-1 dan S-2 yang mengambil spesialisasi ilmu-ilmu umum dengan prestasi akademis tinggi dan berpotensi tinggi untuk dapat berkembang/meningkat serta berkepribadian agamis.

Persyaratan mengikuti Program

Program beasiswa ini dirancang untuk membantu kaum Sarjana Muslim yang telah memiliki Ijazah Strata-1/Strata-2 dan berkeinginan melanjutkan dan mengembangkan ilmunya dengan memasuki lembaga Pendidikan Formal yang tinggi (berkarakteristik Islam dan memiliki komitmen yang kuat dengan upaya penerapan ajaran Islam dengan benar) sehingga insya Allah Subhanahu wata'ala dapat menjadi manusia yang berguna bagi agama dan umat Islam.

Persyaratan tersebut, yaitu :
1. Usia maksimal 30 tahun untuk lulusan Strata-1 dan Usia maksimal 40 tahun untuk mahasiswa lulusan Strata-2.
2. Membuat pernyataan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk dimanfaatkan di bidang dakwah.
3. Membuat tulisan atau hasil penelitian.
4. Lulus test administrasi
5. Lulus Test Potensi Akademik dan wawancara.
6. Mendapatkan rekomendasi dari Ustadz atau Da’i.
7. Indeks Prestasi minimal 3.00
8. Berbadan sehat (membawa surat keterangan dari dokter) dan tidak merokok.
9. Calon peserta program pendidikan berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Tanggerang dan Bekasi.

Alamat untuk donatur
Salurkan Siwakz Anda
untuk program ini di:
Bank Muamalat Indonesia - Cabang Fatmawati,
No.Rek. 304-001.8515 an. Yayasan Al-Sofwa
SIWAKZ [Shadaqah, Infaq, Wakaf, Kafarat, dan Zakat], semoga amal ibadah anda mendapat ganti pahala yang besar di sisi Allah Subhanahu wata'ala, amin.

SIWAKZ ALSOFWA
Tampil Peduli Kepada Sesama,
Amanah Terhadap Harta Ummat,
Pahala dan Kesejahteraan Sosial Tergapai

Penutup

Demikian program ini dirancang dan dibuat untuk membantu Sarjana-sarjana muslim berkualitas tinggi untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk kemaslahatan kaum muslimin. Keberhasilan program ini memerlukan bantuan dari semua pihak yang terkait. Akhirnya, kami memohon dan berharap semoga Allah Subhanahu wata'ala memberikan ganti pahala yang berlipat ganda di sisi-Nya.

sumber : http://www.alsofwah.or.id

1 Comments:

At 7:48 AM, Blogger Blog asiyah said...

saya asiyah kelas 3 SMA.
saya mau mengajukan beasiswa kuliah. krn tdk mampu biayanya. tlng kasih tu informasinya ke no saya ni 085640854825.saya pengen banget kuliah. trmksh

 

Post a Comment

<< Home